Rabu, 13 Januari 2010

PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GAMBAR

Dunia komputer telah berkembang dan merambah dalam hal seni, hal ini terbukti dengan banyak bermunculan aplikasi pengolah gambar, sehingga memudahkan kita berkarya dan berilustrasi menggunakan komputer. Salah satunya adalah Aplikasi MS Paint. Disini dibahas .....
[Download]

Kompetensi
Kompetensi Dasar :
Mengenal Program Aplikasi Pengolah Gambar

Indikator :
1. Siswa dapat menyebutkan definisi program aplikasi pengolah gambar
2. Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah menjalankan program aplikasi paint
3. Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian jendela paint dan fungsinya
4. Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah memperbesar atau memperkecil lembaran kerja
5. Siswa dapat menyebutkan kegunaan tool box.

Materi
01. Mengenal Aplikasi Gambar
02. Menjalankan Aplikasi Paint
03. Jendela Paint
04. Mengatur Tampilan Jendela Paint
05. Menggunakan Tool Box

Latihan
06. Latihan 1
07. Latihan 2

09. Tes


01. Mengenal Aplikasi Gambar

Saat ini kemajuan dibidang komputer telah meluas hingga ke dunia sekolah pendidikan dasar. Dunia komputer saat ini telah memperkenalkan sedini mungkin tentang kemampuan, bakat dan potensi dunia anak dalam berkarya dan berilustrasi menggunakan komputer

Macam-macam aplikasi pengolah gambar[1]:

Microsoft Paint

Menggambar memang mengasyikan, apalagi bagi kita-kita yang memang hobi menggambar. Apa saja ingin kita gambar, pemandangan, binatang, pesawat terbang, kapal, kereta api, dan lain-lain. Pokoknya banyak yang bisa kita gambar. Berikut ini adalah contoh tampilan gambar dari Microsoft Paint.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak grafis yang menyediakan tool-tool yang berkaitan dan tersusun secara mudah dan menarik untuk menciptakan hasil inovasi gambar dalam bentuk bitmap dan naskah yang baik. Bentuk grafik yang bedasarkan vektor dan naskah bisa di transfer menjadi image yang berdasarkan pixel untuk mendapatkan efek desain yang lebih baik. Berikut ini adalah contoh tampilan gambar Adobe Photoshop.

Corel Draw

Program grafis ini besar pengaruhnya terhadap perkembangan desain komputer khususnya dalam pembuatan kartu undangan, liflet, brosur, poster, dan gambar lainnya. Sehingga bagi dunia usaha khususnya advertising biasanya disediakan selalu program Corel Draw. Berikut ini adalah contoh tampilan gambar Corel Draw.


[1] Aplikasi pengolah image (gambar) dari kelompok Sistem Operasi Windows. Sedangkan dari kelompok Linux contohnya : GIMP (GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License, lihat Wikipedia Bahasa Indonesia). Contoh lainnya xfig adalah editor grafik vektor sumber terbuka yang berjalan di X Window System pada sebagian besar platformUnix. yang kompatibel dengan Di dalam xfig, gambar dapat dilukiskan menggunakan objek-objek seperti lingkaran, kotak, garis, kurva, teks, dan lain-lain. Juga dimungkinkan untuk mengimpor gambar yang berformat GIF, JPEG, EPS, PostScript, dan lain-lain. Objek-objek itu dapat dibuat, dihapus, dipindahkan, atau diubah. Atribut seperti warna atau gaya garis dapat dipilih menurut beberapa cara. Untuk teks, tersedia 35 font (XFIG , lihat Wikipedia Bahasa Indonesia).

02. Menjalankan Aplikasi Paint

Nah, kali ini kita akan menggambar menggunakan Microsoft Paint, karena program sederhana ini sudah terinstall pada MS Windows.

Langkah-langkah menjalankan Program Aplikasi Paint adalah :

  1. Buka program Microsoft Paint dengan klik tombol Start yang ada di taskbar
  2. Klik Menu All Program, Accessories, Paint
  3. Jendela Paint akan ditampilkan.

Gambar 2.1 Langkah-langkah menjalankan Program Aplikasi Paint


Gambar 2.2 Program Aplikasi Paint akan dibuka



03. Jendela Paint

Jendela Paint terdiri dari bagian-bagian yang mempunyai fungsi tertentu. Penjelasan mengenai elemen-elemen dasar paint (Tool-tool pada Toolbox), akan dibahas sebagai berikut:


Baris Judul (Title Bar)

Baris judul (title bar) berisi nama program aplikasi dan nama file yang sedang aktif. Baris judul ini dapat juga digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lain yang kita inginkan.

Baris Menu (Menu Bar)

Baris menu (menu bar) berisi barisan perintah seperti menu File, Edit, View, Image, Colors, dan Help.

Kotak Peralatan (Tool Box)

Kotak peralatan (tool box) berisi barisan perintah Free-form select tool, Eraser tool, Pick tool, Pencil tool, Air brush tool, Line tool, Rectangle tool, Ellipse tool, Select tool, Fill with color tool, Magnifier tool, Brush tool, Text tool, Curve tool, Polygon tool, dan Rounded rectangle tool.

Kotak Pilihan Warna (Color Box)

Kotak pilihan warna (color box) berisi warna-warna yang menyediakan aneka warna untuk berkreasi.




04. Mengatur Tampilan Jendela Paint

Kita dapat mengatur tampilan jendela paint agar sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kita. Yang dimaksud mengatur tampilan jendela paint adalah mengatur ditampilkan atau tidaknya bagian-bagian dari jendela paint sehingga kita mempunyai jendela paint dengan bagian-bagian yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Pada sub menu ini, dibahas bagaimana mengatur tampilan jendela paint.

Untuk mengatur lembaran kerja agar tampil lebih besar atau lebih kecil digunakan perintah Zoom. Bila kita memperbesar tampilan lembaran kerja, maka teks dan gambar yang terdapat di lembaran kerja tersebut akan kelihatan lebih besar, namun bagian lembaran kerja yang dapat ditampilkan di layar monitor akan lebih sedikit.

Sebaliknya, apabila kita memperkecil tampilan lembar kerja, maka teks dan gambar yang terdapat di lembaran kerja akan kelihatan lebih kecil, namun bagian lembaran kerja yang ditampilkan akan lebih banyak.

Langkah-langkah yang dapat diikuti untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembaran kerja adalah sebagai berikut : Dari menu View, klik Zoom. Kotak dialog Zoom akan ditampilkan. Pilihlah perbesaran yang diinginkan. Klik tombol Ok.

Program Paint mempunyai 6 buah menu, masing-masing menu serta beberapa perintah yang paling sering digunakan di menu tersebut akan dijelaskan satu persatu berikut ini.

  • Menu File
  • Menu Edit
  • Menu View
  • Menu Image
  • Menu Colors
  • Menu Help

Menu File

Menu File memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan file-file lembar kerja. Perintah yang terdapat di menu file antara lain:

membuka dokumen atau lembar kerja baru yang masih kosong (New), membuka file atau dokumen yang telah disimpan (Open), menyimpan dokumen ke harddisk atau disket atau flash disk (Save), menyimpan dokumen dengan nama lain atau format lain (Save As), menyimpan dokumen dari scanner atau camera (From Scanner Or Camera), melihat tampilan dari dokumen yang akan dicetak (Print Preview), mengatur tampilan halaman yang akan dicetak (Page Setup), mencetak dokumen dan mengatur printer (Print), mengirim dokumen (Send), mengatur dokumen menjadi latar belakang tampilan desktop penuh (Set As Background (Tiled)), mengatur dokumen menjadi latar belakang tampilan desktop posisi ditengah (Set As Background (Centered)), dan keluar program Paint (Exit), seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Menu Edit

Menu Edit memuat perintah-perintah untuk melakukan pengeditan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu edit antara lain: Undo, Repeat, Cut, Copy, Paste, Clear Selection, Select All, Copy to, dan Paste From. Seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Menu Image

Menu Image memuat perintah-perintah untuk menentukan rotasi ketegakan dan kemiringan gambar pada lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu image antara lain: Flip/Rotate, Stretch/Skew, Invert Colors, Attributes, Clear Image, dan Draw Opaque. Seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Menu Colors

Menu Colors menyediakan aneka warna untuk berkreasi. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu colors adalah Edit Colors. Seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Menu Colors, Submenu Colors, dan Fungsinya

Edit Colors … mengatur warna kreasi

Menu Help

Menu Help menyediakan fasilitas pertolongan pada permasalahan yang terjadi pada program aplikasi pengolah gambar. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu help antara lain terdiri dari Help Topics dan About Paint. Seperti terlihat pada gambar berikut ini.




05. Menggunakan Tool Box

Pada bagian kiri jendela Paint terdiri dari beberapa alat yang digunakan untuk menggambar. Berikut penjelasan ikon-ikon pada tool box.

Free-From Select
Memilih bagian gambar dengan bentuk area bebas


Select
Memilih bagian gambar dengan bentuk area persegi


Eraser/Color Eraser
Menghapus gambar, yaitu mengganti warna dengan warna background


Fill Color
Mengisi suatu bidang gambar dengan warna warna foreground


Pick Color
Memberi warna atau efek khusus dengan efek tampilan seperti cat yang disemprotkan


Magnifier
Memperbesar tampilan gambar


Pencil
Menggambar bentuk atau garis secara bebas dengan garis tipis


Brush
Menggambar bentuk atau garis secara bebas degan menggunakan ketebalan garis yang kita inginkan

Airbrush
Memberi warna atau efek khusus dengan efek tampilan seperti cat yang disemprotkan


Text
Menempatkan atau mengetikkan teks ke dalam gambar


Line
Menggambar garis lurus


Curve
Menggambar kurva


Rectangle
Menggambar bentuk persegi (kotak)


Polygon
Menggambar bentuk poligon (segi banyak)


Ellipse
Menggambar bentuk lingkaran atau elips


Rounded Rectangle
Menggambar bentuk persegi (kotak) dengan sudut lengkung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar